Siapa diantara kalian yang sudah pernah mengikuti suatu event seminar atau lomba? Pasti ada salah satu dari kalian yang pernah mengikuti event seminar atau perlombaan. Biasanya setelah mengikuti event tersebut kalian akan diberi secarik kertas yang disebut dengan sertifikat. Selain itu, bagi siapapun yang memiliki barang berharga pasti memiliki sertifikat sebagai tanda bukti sah yang bernilai. 

Apa itu sertifikat ? Sertifikat adalah secarik surat sebagai tanda pengakuan bahwa seseorang menguasai kompetensi tertentu, telah mengikuti suatu event, atau tanda kepemilikan suatu barang.

Nah, pada post ini akan saya bahas tentang bagaimana cara membuat sertifikat menggunakan program pengolah kata yang biasa kita gunakan, yakni Microsoft Office Word 2007. Selamat Belajar.

Buka program Microsoft Office Word 2007 / 2010.


Ubah orientasi kertas menjadi Landscape, caranya : klik tab menu Page Layout - Orientation - Landscape



Selanjutnya beri Border pada halaman kertasnya, caranya : klik Page Border (masih di tab menu Page Layout). Setelah muncul kotak dialog Border and Shading, pilih border yang kalian kehendaki pada bagian Art. Lihat gambar dibawah ini !


Setelah anda memilih Border yang kalian kehendaki, selanjutnya adalah mengetikkan isi dari sertifikatnya. 
Untuk kata " Sertifikat "disini saya contohkan menggunakan font Edwardian Script ITC dengan Font Size 76. Silahkan anda tentukan sendiri Font yang anda kehendaki, anda bisa mengganti Font Style pada tab menu Home.


Selanjutnya ketikkan isi dari sertifikat sesuai dengan tema event / perlombaan yang akan di buat. Lihat contoh :